SELAMAT DATANG DI TGB COMUNITY SAROLANGUN...!!!

Payo Laweh - Sungei Baung - Kabupaten Sarolangun - Prov. Jambi

Minggu, 01 Mei 2011

SNMPTN Universitas Negeri Medan ( UNIMED ) melalui dua jalur


 MEDAN - Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Nasional (SNMPTN) dilakukan dua jalur, yaitu melalui jalur ujian tertulis dan keterampilan serta jalur undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik.

"Penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara nasional dan bersamaan oleh seluruh PTN dan diikuti calon mahasiswa dari seluruh Indonesia ini sesuai dengan Permendiknas No 34 tahun 2010 dan berdasarkan PP RI No 66 tahun 2010," kata Pembantu Rektur (Purek) I Universitas Negeri Medan (Unimed)  Selamat Triono, pagi ini.

Menurut Selamat, sebelumnya selama dua hari (Rabu-Kamis 12-13/1) mewakili Rektor Unimed, pihaknya mengikuti launching SNMPTN 2011 di Jakarta yang dibuka oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh dan diikuti seluruh rektorat PTN di Indonesia.

Dia menjelaskan, ada perbedaan sistem penerimaan mahasiswa baru di PTN dari tahun sebelumnya dengan 2011 ini, dimana pada tahun 2010 pemerintah tidak mengatur berapa jumlah minimal mahasiswa baru masuk melalui SNMPTN.

"Nah, tahun ini sesuai dengan PP No.66 tahun 2010 dan Kepmen 34/2010, PTN wajib menerima mahasiswa baru melalui seleksi nasional minimal 60 persen dari total mahasiswa baru yang diterima, sedangkan seleksi lokal tidak boleh lebih dari 40 persen," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, seleksi nasional ini dibagi dua jalur, yaitu melalui ujian tulis SNMPTN (50 persen) dan melalui jalur undangan (10 persen). Jalur undangan ini sama seperti jalur PMP (Panduan Minat dan Prestasi), kemudian jalur undangan ini selain dilakukan secara nasional juga akan dilakukan secara lokal.

Selamat Triono menyebutkan, untuk seleksi lokal juga akan dilakukan ujian tulis dan penjaringan jalur undangan (PMP), namun persentasenya tidak diperbolehkan melebihi dari batas maksimal 40 persen. Sedangkan mengenai pelaksanaan seleksi lokal ini boleh dilakukan setelah pengumuman seleksi nasional.

Dijelaskan, pendaftaran SNMPTN 2011 mengisi formulir pendaftaran secara online dengan mengakses website SNMPTN: www.snmptn.ac.id. Pembayaran pendaftaran secara online di seluruh jaringan Bank Mandiri. Bahkan Mendiknas sendiri mengatakan, melalui SNMPTN ini calon mahasiswa hanya perlu mendaftar satu kali dan bisa memilih PTN di mana saja sesuai yang dimintai dan ini merupakan bagian dari upaya efisiensi dan optimalisasi.

Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2011 melalui Jalur Undangan: pendaftaran akan dimulai pada 1 Februari - 12 Maret 2011 dan pengumuman hasil pada 18 Mei 2011 serta registrasi mahasiswa baru pada 31 Mei-1 Juni 2011. Sedangkan pelaksanaan SNMPTN 2011 melalui Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan, untuk ujian tertulis pada Selasa 31 Mei 2011 (tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar) dan Rabu 1 Juni 2011 (tes bidang studi IPA dan tes bidang studi IPS). Ujian keterampilan dilaksanakan pada 3-4 Juni 2011.

Mengenai persiapan Unimed sendiri yang akan menerima mahasiswa baru 60 persen melalui jalur seleksi nasional,  Selamat Triono mengatakan, Unimed sejak dari dulu menerima mahasiswa baru 60 persen melalui SNMPTN dan tidak pernah kurang dari 60 persen.

"Total mahasiswa baru yang diterima Unimed setiap tahunnya sekira 4.500-an dan 60 persennya melalui SNMPTN atau sekitar 2.800 lebih," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar